- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Gunung Inelika Ngada Kembali Berstatus Siaga, Ini Sejarah Letusannya

    Tim Redaksi | Editor: Antonius Rahu
    06 Oktober, 2023, 16:05 WIB Last Updated 2023-10-06T09:05:19Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1
    Gunung Inelika Ngada Berstatus Siaga, Warga Sekitar Diminta Menjauh
    Gunung Inelika kabupaten Ngada Flores, NTT


     [Congkasae.com/Kereba] Aktivitas kegempaan Gunung Inelika di kabupaten Ngada, Flores, NTT dilaporkan meningkat sejak 29 September 2023 silam.


    Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan mengatakan status gunung Inelika telah dinaikkan dari status normal ke level waspada.


    Dengan kondisi ini masyarakat diminta untuk tidak melakukan aktivitas dengan radius 1 km dari puncak gunung untuk menghindari paparan gas sulfatara yang mengandung racun.


    "Masyarakat, pengunjung dan wisatawan tidak berada atau beraktivitas di sekitar lokasi-lokasi tembusan gas sulfatara serta daerah lembah jalur gas sulfatara,"kata Hendra.

    Gunung Inelika Ngada Berstatus Siaga, Warga Sekitar Diminta Menjauh


    Sementara itu kepala pos pemantau Gunung Berapi Inelika Flores, Yoes Paulus Wisang mengatakan berdasarkan pengamatannya terjadi peningkatan aktivitas kegempaan yang didominasi oleh gempa vulkanik dalam dengan frekuensi lebih dari 5 kali dalam sehari.


    "Biasanya dalam sehari aktivitas kegempaan hanya terjadi sekali atau dua kali tapi sekarang terpantau lebih dari lima kali gempa vulkanik,"ujar Paulus.


    Ia mengatakan selain terjadi peningkatan aktivitas kegempaan gunung Inelika juga mengalami peningkatan konsentrasi gas beracun atau gas sulfatara.


    Selain itu empat titik mata air panas yang berada di sekitar gunung inelika juga terpantau mengalami penurunan suhu akibat terbentuknya penutup hydrotermal.


    Dengan adanya kenaikan status gunung Inelika ini warga diminta menjauh dari puncak kawah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

    Gunung Inelika Ngada Berstatus Siaga, Warga Sekitar Diminta Menjauh
    Kawah gunung inelika kerap dikunjungi wisatawan


    Gunung Inelika merupakan satu dari sekian banyak gunung berapi di pulau Flores yang tercatat berstatus aktif dimana Pulau Flores jadi jalur aktif gunung berapi alias ring of fire.


    Gunung berapi Inelika tercatat terakhir kali meletus pada tahun 2001 silam yang mengakibatkan terjadinya pengungsian besar-besaran warga di enam desa yang mendiami wilayah lereng gunung Inelika.


    Sejak saat itu status gunung Inelika kembali turun ke level I normal dan kerap dijadikan obyek kunjungan wisatawan.

    Komentar

    Tampilkan