- -->
  • Jelajahi

    Copyright © Congkasae.com
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Prediksi BMKG: Tahun ini Hujan Turun Lebih Awal di Manggarai Raya

    Tim Redaksi | Editor: Antonius Rahu
    28 September, 2024, 07:35 WIB Last Updated 2024-09-28T00:35:49Z
    Post ADS 1
    Post ADS 1

     
    Prediksi BMKG: Tahun 2024 Hujan Turun Lebih Awal di Manggarai Raya

    [Congkasae.com/Kereba] Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika stasiun Eltari Kupang memastikan beberapa wilayah di NTT akan mengalami percepatan musim hujan di tahun 2024 ini.


    Kepala BMKG Rahmatullah Adji mengatakan beberapa zona musim (Zom) di wilayah NTT bahkan akan mulai diguyur hujan pada bulan Oktober ini.


    "Awal musim hujan 2024/2025 ini di NTT diperkirakan maju atau lebih cepat dibandingkan dengan normalnya yaitu ada 12 zom atau 39 persen,” kata Adji dalam keterangan resminya Jumat (27/9).


    Menurut Adji dari total 28 zom di provinsi NTT ada satu zom yang mengalami musim hujan di bulan Oktober ini yakni Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur.



    “Secara umum musim hujan di tahun 2024/2025 ini umumnya di atas normal atau musim hujan yang lebih basah dari rerata, biasanya sekitar 22 zom, sedangkan 6 zom lainnya dalam keadaan normal,” bebernya.


    Adji memastikan puncak musim hujan di provinsi itu akan diperkirakan terjadi pada bulan Januari 2025 untuk 16 zom sementara sisahnya terjadi pada bulan Februari.

    Sementara itu Plt Dinas Pertanian dan Peternakan provinsi NTT Joaz Bily Oemboe mengimbau para petani untuk mempersiapkan lahan pertanian dalam menyambut musim tanam tahun ini.

    Ia mengatakan badai El Nino yang melanda provinsi NTT pada awal tahun 2024 ini berdampak pada sektor pertanian di provinsi kepulauan itu dimana banyak petani yang mengalami gagal tanam dan gagal panen.

    Untuk itu ia juga mengimbau para petugas penyuluh pertanian untuk segera mempersiapkan benih berkualitas dalam menyambut musim tanam tahun ini.

    Komentar

    Tampilkan